Friday, April 7, 2017

Pesona alam “Ni’u” Kota Bima



Ni’u merupakan nama suatu derah yang berlokasi di sisi timur Teluk Bima, di jalan lintas Bima-Sumbawa sekitar 3,5 km dari pusat Kota Bima. Lokasinya yang berada di tepi jalan nasional ini menjadikan pantai ini mudah dijangkau oleh wisatawan. Obyek wisata ini cukup ramai dikunjungi wisatawan lokal, dulu daerah ini merupakan salah satu daerah destinasi wisata terutama pada hari-hari libur.Namun sekarang derah Ni’u sudah digunakan oleh masyarakat terutama anak muda untuk sekedar ngobol,minum kopi,selfie,menikmati indahnya sunset dan masih banyak lagi.

Di kawasan ini terdapat gazebo-gazebo yang dibangun Pemerintah Kota Bima dan dapat dimanfaatkan pengunjung untuk menikmati panorama pantai kawasan ini sambil menikmati Kopi ataupun jagung bakar sambil mengakses internet lewat Free Wifi yang disedikan pemerintah kota.
 Baru-baru ini tepatnya di perbatasan Kota Bima dengan Kab.Bima sudah di bangun menara Biru yang sangat ramai di kunjungi Masyarakat terutama muda mudi untuk selfi,melihat sunset,dan di menara ini juga kita dapat melihat indahnya hamparan pegunungan Londa dan melihat kota Bima dari atas.


Antara bulan Pebruari hingga April buah Garoso melimpah di kabupaten dan Kota Bima. Garoso merupakan buah yang menyerupai Srikaya dan merupakan buah Khas yang ada di daerah Bima. Garoso tumbuh di tanah berbatu, kering, dan terkena cahaya matahari langsung. Tumbuhan yang asalnya dari Hindia Barat ini akan berbuah setelah berumur 3-5 tahun. Garoso sering ditanam di pekarangan, dibudidayakan, atau tumbuh liar, dan bisa ditemukan sampai ketinggian 800 MDPL. Buah yang baru dipetik diperjual belikan di tepi jalan sekitar daerah Ni’u sampai Panda.

Di daerah Ni’u ini juga terdapat PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Disel) sebagai tambahan daya listrik untuk kota Bima dan sekitarnya, serta terdapat Gudang Bulog yang berlokasi di sebelah utara PLTD Ni’u.

1 comment: